1. Keterpaduan Kurikulum
Kurikulum nasional dengan keseimbangan antara kompetensi karakter (character), keterampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge).
2. Keterpaduan Kegiatan Belajar
- Memadukan secara utuh aspek kecerdasan intelektual, emosional - spiritual serta fisik dalam seluruh aktivitas belajar.
- Proses belajar yang mengembangkan potensi individu dalam suasana belajar menyenangkan dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.
- Proses belajar yang bertujuan agar anak didik menjadi dirinya sendiri, bertanggung jawab dan memperoleh kecakapan sosial dalam mengembangkan karakter dan spiritualnya.
3. Keterpaduan Metode
- Brain-based learning(fun and active learning, contextual learning,etc.)
- Outing and outbond
- Green life
- Keteladanan (Qudwah)
- Pembiasaan (Aadah)
- Nasehat (Mau’izhoh)
- Mind Maping/Pemetaan pikiran
4. Program Unggulan