header-int

SCIENCE DAY: ONE DAY WITH IH SCIENTIST

Selasa, 02 Feb 2021, 20:48:05 WIB - 53 View
Share
SCIENCE DAY: ONE DAY WITH IH SCIENTIST

Pembelajaran secara virtual bukanlah menjadi penghalang untuk terus bereksplorasi menemukan fakta baru dari alam. Alhamdulillaah SDIT Ibnu Hajar memberikan kesempatan kepada anak-anak Hebat untuk bereksperimen mandiri dirumah dalam acara Science Day: The Magic of Science. Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan Ananda dapat mempraktikkan ilmu sains yang sudah Ananda pelajari di sekolah.  Para murid Hebat Ibnu Hajar diajak untuk merasakan pengalaman sehari menjadi ilmuwan dirumah. Seru bukan?!

Sebelum acara puncak pada Jum’at, 29 Januari 2021, Ayah dan Bunda sudah diberi informasi oleh pihak sekolah mengenai kegiatan ini, sehingga Ananda bisa mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan dalam Science Day kali ini. Beberapa eksperimen dicobakan pada acara ini, mulai dari Grade 1 hingga Grade 6. Percobaan yang dilakukan antara lain:

  • Teman-teman Grade 1 membuat eksperimen mengenai “How Does a Leaf Breathe?” dimana mereka diajak untuk membuktikan apakah tumbuhan itu termasuk makhluk hidup, apa saja ciri-ciri suatu benda disebut makhluk hidup dan bagaimana cara mereka mengolah makanannya supaya bertahan hidup.
  • Teman-teman Grade 2 diajak untuk bereksperimen dengan judul “Meniup Balon dengan Cuka dan Soda Kue”. Pada eksperimen ini terjadi reaksi antara asam cuka dengan soda kue yangmana menghasilkan senyawa karbondioksida. Karbondioksida yang dihasilkan inilah yang membuat balon mengembang besar.
  • Teman-teman Grade 3 melakukan eksperimen “Gelembung Lava”. Eksperimen yang dilakukan membutuhkan minyak goreng, air dan pewarna makanan minimal 3 warna bebas seperti merah, biru dan kuning. Zat pewarna tadi nantinya dimasukkan kedalam larutan air (bersifat polar) dan minyak (bersifat non polar) dimana intensitas minyak harus lebih banyak dibanding air supaya air terlempar keatas dan membuat reaksi terlihat lebih indah. Dari eksperimen ini bisa dibuktikan adanya hubungan antara soda tablet yang menghasilkan gelembung dengan hukum Archimedes (Gaya Tekan Keatas).
  • Teman-teman Grade 4 melakukan eksperimen “Electrolysis of water Experiment” dengan membuat larutan garam terlebih dahulu. Larutan tersebut nantinya akan disambungkan dengan pensil (yang sudah diraut sehingga terlihat ujung pensil yang runcing) gunanya sebagai penangkap gelembung dalam larutan garam. Dari eksperimen ini, Ananda diajak mengetahui Gaya Listrik bahwa larutan garam dapat menjadi penghantar listrik yang baik, dibuktikan dengan munculnya gelembung yang menempel pada isi kayu pensil.
  • Teman-teman Grade 5 melakukan eksperimen mengenai “Perbedaan Suhu dan 2 Larutan”. Ananda diajak bersama-sama untuk membedakan 2 jenis benda yang berbeda penyusunnya yaitu es batu dan pewarna dimana kedua benda tadi dimasukkan kedalam larutan minyak dan air. Mereka dilatih untuk berpikir kritis mengenai apa yang akan terjadi pada es batu dan pewarna tadi disesuaikan dengan teori yang sudah disampaikan selama pembelajaran daring.  
  • Teman-teman Grade 6 diajak mengkorelasikan teori mengenai “Sifat Larutan dan Tekanan Udara” dengan ayat Al-Qur’an yang menjelaskan Kekuasaan Allah Yang Maha Besar untuk menciptakan 2 lautan yang tidak menyatu (Al-Furqan ayat 53: “dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir berdampingan, yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit, dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi.”). Ananda melakukan eksperimen dan juga mentadabburi ayat Al-Qur’an

MasyaaAllah acara Science Day yang merupakan program perdana dari SDIT Ibnu Hajar tidak hanya membuat para murid takjub akan tetapi lebih dari itu yaitu disambut hangat oleh para orangtua murid. Mereka sangat mengapresiasi sekolah karena sudah memfasilitasi Ananda nya yang dirumah untuk tetap bereksplorasi mengaplikasikan teori-teori Ilmiah yang telah mereka dapatkan menjadi suatu rangkaian acara virtual yang seru dan bermakna. Mereka pun berharap supaya acara ini bisa terus berjalan dan berkesinambungan untuk kedepannya.

Unidha
© 2021 SIT Ibnu Hajar Balikpapan Follow SIT Ibnu Hajar Balikpapan : Facebook Twitter Linked Youtube